Tekno  

Telkomsel Pimpin Pendanaan untuk Startup Pertanian EdenFarm

tech-celeratenow.org – Telkomsel Mitra Inovasi (TMI), perusahaan modal ventura anak usaha dari operator seluler Telkomsel, memimpin pendanaan pre-series B untuk EdenFarm sebagai perusahaan rintisan teknologi yang bergerak di bidang agrikultur.

Langkah tersebut merupakan realisasi dari komitmen Telkomsel memberdayakan perusahaan rintisan teknologi dan digital di Tanah Air sehingga berkontribusi pada ekonomi nasional.

“TMI percaya pentingnya penggunaan tech for good dengan tujuan dan dedikasi untuk mendukung pemberdayaan entrepreneur maupun UKM yang dapat berdampak positif bagi perekonomian Indonesia, seperti yang selalu menjadi fokus kami selama ini,” kata CEO Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) Mia Melinda mengungkap alasannya memimpin pendanaan untuk EdenFarm dalam siaran persnya, Senin (30/1/2023).

Ada pun pendanaan tersebut melibatkan modal ventura lainnya seperti Appworks dan AC Ventures, Decart Ventures, Fubon Capital, Trihill Capital, OCBC NISP Ventura, Nakhla dan Capria Ventures.

Baca Juga:
2023 Jadi Tahun Resesi, PHK Massal Masih Akan Berlanjut

Pendanaan pre-series B tersebut berhasil mengumpulkan dana sebesar 13,5 juta dolar AS (Rp202,2 miliar).

Secara singkat EdenFarm dikenal sebagai perusahaan rintisan digital yang bergerak di bidang agrikultur dengan fokus membangun ekosistem distribusi pangan (food supply chain ecosystem) nasional yang lebih menguntungkan bagi para petani.

Mereka juga mendukung praktik agrikultur yang berkelanjutan sehingga rantai pasok bisa lebih efektif.

Sejak 2017 didirikan secara keseluruhan EdenFarm telah mengantongi pendanaan dengan total 34,5 juta dolar AS (Rp516,9 miliar).

Investasi yang telah didapat tersebut diolah menjadi modal bagi EdenFarm memperkuat penetrasi dalam menjaring lebih banyak mitra petani di seluruh Indonesia.

Baca Juga:
20 Startup Ramaikan Fablab Correctio Jababeka di Cikarang

Di samping itu mereka juga menyiapkan strategi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan menghadirkan solusi berbasis teknologi yang dapat mengatasi permasalahan efisiensi pada distribusi sehingga mewujudkan ketahanan pangan tepat guna di Indonesia.

“Pendanaan terbaru ini akan memungkinkan kami untuk mengembangkan kehadiran sekaligus memperkuat posisi EdenFarm sebagai pemain teknologi terbesar di sektor pertanian dan jasa pangan. Kami yakin kemitraan dengan Telkomsel ini akan memberikan manfaat yang signifikan bagi platform kami,”ujar CEO EdenFarm David Setyadi Gunawan. [Antara]

Sumber: www.suara.com